BLOK PEMBANGUN UML

5 06 2011

BLOK PEMBANGUN UML

Peran UML

UML adalah bahasa untuk

● Visualisasi

– Menggambarkan ide dalam notasi dan semantik yang lebih mudah dipahami oleh siapapun

● Spesifikasi

– spesifikasi dari semua keputusan penting analisa, perancangan, dan penerapan yang harus diambil dalam pengembangan dan deployment sistem PL

● Konstruksi

– UML bukan bahasa pemrograman visual

– Model UML dapat dihubungkan secara langsung dengan beberapa bahasa pemrograman

Forward engineering: menghasilkan kode dari model

Reverse engineering: membangun model dari kode

● Dokumentasi

– UML mencakup dokumentasi arsitektur sistem dan rincinya

– Sebagai suatu bahasa untuk menyatakan kebutuhan dan pengujian.

– UML menyediakan bahasa untuk aktifitas perencanaan proyek dan manajemen release

 

Blok Pembangun UML

Thing : “penghuni” paling elit dalam model (Structural, Behavioral, Grouping, Annotations)

Relationship : Menghubungkan antar thing (Dependency, Association, Generalization, Realization)

Diagram : Kumpulan thing dan relationship (Lihat tipe giagram UML)

 

THING

Structural Things

Structural thing merupakan kata benda model UML

Class

– Gambaran dari sekumpulan objek yang berbagi atribut, operasi, hubungan dan semantik yang sama

– Sebuah class menerapkan satu atau lebih antarmuka

Interface

– Sekumpulan operasi yang menyatakan layanan suatu class atau component

– Suatu interface menggambarkan perilaku objek yang disediakan untuk pihak luar.

– Interface bisa saja menyatakan sebagian atau seluruh perilaku suatu class/component.

Collaboration

– Suatu interaksi dan suatu kumpulan aturan dan elemen lain yang bekerja bersama untuk menyediakan perilaku yang bekerja sama.

– Menyatakan penerapan pola yang membentuk sistem

Use Case

– Suatu gambaran dari sekumpulan urutan aksi yang terjadi pada sistem yang menghasilkan suatu nilai kepada actor.

– Digunakan untuk menstrkturkan perilaku sistem dalam suatu model.

– Merupakan realisasi dari collaboration.

Active Class

– Suatu class dimana objek memiliki satu atau lebih proses/thread sehingga dapat memulai aktifitas kontrolnya.

Component

– Suatu bagian fisik dan replaceable dari suatu sistem menyediakan realisasi dari sekumpulan antarmuka.

– Menyatakan paket fisik daripada elemen logika, seperti class, interface dan collaboration.

Node

– Elemen fisik yang ada pada saat run time dan menyatakan suatu sesumber perhitungan, yang memiliki memori dan kemampuan pemrosesan.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: